Siap-siap, Twitter Akan Luncurkan Fitur Berbayar Bagi Para Penggunanya.

0
332
Photo by Claudio Schwarz | @purzlbaum on Unsplash
Photo by Claudio Schwarz | @purzlbaum on Unsplash

Publik kembali diramaikan oleh kabar dari salah satu platform media sosial terbesar, Twitter. Pihak mereka mengonfirmasi tentang rencana untuk meluncurkan fitur berbayar bagi para penggunanya. Kabar yang sebenarnya sudah mencuat di publik sejak Agustus tahun lalu, sesuatu yang membuat banyak pihak menerka-nerka apa dampaknya.

Fitur yang nantinya akan ditambahkan ke dalam Twitter adalah fitur โ€œSuper Followโ€. Setiap pengguna yang membayar langganan โ€œSuper Followโ€, nantinya bisa mengakses konten-konten premium, baik berupa bacaan maupun konten visual/video. Selain itu, mereka juga berencana untuk membuat fitur Communities, untuk para pengguna membuat grup (mirip seperti fitur grup di Facebook).

Lalu ini akan menjadi kabar baik atau buruk?

Tentunya ini bisa menjadi peluang bagi para banyak pihak, terutama untuk pebisnis atau content creator. Karena kedua pihak itu bisa memanfaatkan fitur Communities untuk membuat grup khusus bagi customer atau audiens. Dimana mereka bisa membagikan konten-konten premium, atau bonus menarik seperti voucher dan diskon, yang pada akhirnya bisa memberikan keuntungan langsung.

Platform-platform yang sudah lebih dulu membuat sistem serupa seperti Patreon dan Substack membuktikan peluang besar itu. Dengan jumlah pengguna twitter yang saat ini mencapai 166 juta per harinya, dan pengguna Indonesia salah satu yang paling banyak, seharusnya ini semakin menarik untuk monetasi.

Tapi perlu diperhatikan, karena disisi lain hal ini juga bisa menjadi ancaman. Karena juga ada wacana untuk pihak Twitter memberikan privilege kepada pada pengguna fitur berbayar untuk terbebas dari iklan, seperti halnya yang dipraktekkan oleh Youtube. Jika benar seperti itu, maka akan memperkecil jangkauan iklan Twitter, terutama kepada kalangan pengguna berbayar.

Sumber Referensi : Techcrunch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here