Perhatikan 7 Hal Ini Untuk Mendorong Penjualan di Website Anda

0
592
Photo by KOBU Agency on Unsplash
Photo by KOBU Agency on Unsplash

Di era ketika teknologi digital mendominasi, website menjadi salah satu senjata penting, terutama bagi para pebisnis. Website bisa menjadi toko online, katalog produk, company profile hingga forum pelanggan sekaligus. Bahkan tak sedikit saat ini perusahaan yang menjalankan sebagian besar aktivitas pemasarannya melalui platform digital.

Sayangnya tanpa disadari, banyak pebisnis yang melewatkan untuk lebih cermat dalam penentuan desain. Kebanyakan hanya mempertimbangkan sisi estetika desain, trend dan bahkan ada yang sudah cukup puas jika menyamai website kompetitornya. Padahal dalam dunia desain, apa yang visitor lihat di website juga ikut berpengaruh pada aspek psikologi, termasuk ketertarikan untuk membeli.

Penasaran? Ini dia 7 ide untuk desain website Anda supaya bisa lebih mendorong customer untuk tertarik membeli produk:

  1. Simple

Meskipun produk yang Anda jual itu rumit, usahakan untuk membuat website tetap sederhana dan mudah dipahami. Logikanya, bagaimana bisa mereka tertarik kalau mereka sulit paham dengan isinya?

2. Ruang kosong

Sebanyak apapun isi website Anda, jangan lupa untuk memberi ruang kosong pada desain. Isi yang terlalu padat, membuat mata customer lebih lelah. Pada akhirnya membuat mereka enggan melihat lebih banyak.

3. Hilangkan gangguan

Ada yang bagus di desain, tapi kadang justru mengganggu. Misal background yang terlalu mencolok/ramai, suara video yang otomatis diputar, dan pop-up yang terlalu banyak. Kalau customer disibukkan dengan semua itu, bisa-bisa mereka lupa ingin membeli apa!

4. Konten berkualitas

Desain website sebagus apapun, tapi jika kontennya jelek, mereka juga bisa batal tertarik. Karenanya penting juga untuk memperhatikan isi yang Anda masukkan ke dalam website. Jangan hanya memakai teks, itu akan membosankan. Kalaupun Anda membuat banyak konten teks, siasati dengan subjudul, font yang ringan dan tampilan poin.

5. Navigasi jelas

Kadang ada desain navigasi yang unik dan menarik, tapi sayangnya membingungkan. Jangan sampai customer Anda batal untuk melihat halaman lain hanya karena bingung harus klik link yang mana. Jadi pastikan setiap navigasi, baik di atas, samping ataupun bawah, mudah untuk customer pahami!

6. Evaluasi konversi

Banyak pebisnis mengira bahwa mereka bisa bersantai ketika website sudah jadi. Padahal belum tentu website mereka sudah menghasilkan banyak pembeli. Jadi lakukan evaluasi secara rutin, memakai tool sejenis Google Analytics dan Crazy Egg, lakukan perbaikan desain jika memang masih belum efektif.

7. Pengalaman pengguna

Pastikan bahwa desain website Anda berkesan dalam benak customer, karena itu yang akan membuat mereka kembali berkunjung, atau bahkan repeat order. Buat desain yang juga mobile responsive, warna desain senada dengan citra brand dan buat desain yang teratur sehingga mudah diikuti.

Anda siap mencobanya?

Sumber referensi:

neilpatel.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here