Menilik Strategi Whatsapp Tentang Privasi Pengguna

0
823
sumber gambar : https://unsplash.com/photos/ynJaWgrwSlM
sumber gambar : https://unsplash.com/photos/ynJaWgrwSlM

Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Whatsapp terkait dengan privasi pengguna. Masih di awal tahun, mereka cukup berani untuk memancing kontroversi dengan mengabarkan bahwa data pribadi pengguna bisa diakses oleh Facebook. Memang orang-orang paham bahwa Whatsapp sudah menjadi milik Facebook, namun kebijakan seperti itu masih sulit untuk diterima.

Para pengguna merasa tak nyaman karena merasa bahwa apa yang mereka tuliskan ketika menggunakan Whatsapp adalah privasi. Mereka tidak rela jika pesan-pesan, telepon, data kontak hingga lokasinya bisa dengan mudah didapatkan oleh Facebook. Tak heran jika akhirnya para pelanggan mulai mengambil langkah tegas untuk menolak kebijakan itu dengan uninstall dan beralih ke aplikasi chat lain seperti Telegram.

Beruntungnya kemudian Whatsapp melakukan klarifikasi untuk membantah kabar tersebut. Mereka menyatakan bahwa Whatsapp dan Facebook tidak bisa mengakses data pribadi pengguna. Bahkan mereka mengatakan akan memberikan fitur tambahan untuk para pengguna bisa mengatur penghapusan pesan secara otomatis.

Jika memang hal itu benar, selain menghilangkan kekhawatiran para pengguna yang sudah lama memakai Whatsapp, kebijakan privasi itu akan memberikan dampak berikut:

  1. Semakin terjaminnya data pelanggan

Dengan Whatsapp menyatakan bahwa pesan yang dikirim bisa diatur supaya otomatis terhapus, hal itu tentu akan membuat pengguna semakin merasa aman atas privasinya. Mereka tidak perlu khawatir bahwa nantinya data itu dimanfaatkan oleh orang yang memiliki kepentingan buruk. Meminimalisir kemungkinan data pribadi bocor saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya HP hilang.

  • Perlindungan Ekstra

Selain komunikasi yang sudah dilindungi dengan enkripsi, fitur penghapusan pesan otomatis akan membuat perlindungan Whatsapp semakin kuat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Telegram, aplikasi pesaing terkuatnya, memberikan fitur secret chat untuk membuat chat terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

  • Backup Data Mandiri

Hal ketiga yang membuatnya sebagai kabar baik bagi pengguna adalah, fitur penghapusan pesan otomatis itu akan dibarengi dengan fasilitas backup data pribadi. Mengingat selama ini media yang didownload dari Whatsapp rentan terhapus saat pembersihan, fitur ini tentu akan sangat membantu. Terutama bagi para pebisnis, yang sering berkomunikasi dengan klien menggunakan aplikasi whatsapp, tak perlu khawatir lagi jika ingin berbagi data melaluinya. Karena data penting tidak akan mudah hilang saat dilakukan pembersihan rutin.

Sumber Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/07/110500465/kebijakan-privasi-baru-whatsapp-berlaku-mulai-8-februari-2021-haruskah?page=all
https://tekno.kompas.com/read/2021/01/13/13140017/5-poin-klarifikasi-terbaru-aturan-baru-whatsapp?page=all
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210108070526-37-214379/whatsapp-bikin-kebijakan-privasi-baru-ini-7-poin-pentingnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here