Kekuatan Generasi Millenial Mendorong Perubahan Industri Parfum

0
233
sumber gambar : cosmopolitan.com
sumber gambar : cosmopolitan.com

Generasi saat ini yang sering disebut dengan generasi milenial, membawa banyak perubahan tak terkecuali terhadap industri parfum. Setelah selama 5000 tahun industri parfum tak mengalami banyak perubahan, kini muncul tuntutan baru. Generasi milenial yang lebih mudah untuk menjangkau berbagai informasi, merasa kurang puas jika tak tahu seperti apa para ahli parfum yang meraciknya.

Perbedaan lainnya adalah ketika dulu para wanita menggemari parfum dengan aroma-aroma seperti bunga atau tanaman alami, generasi milenial justru mengabaikannya. Mereka justru lebih banyak menyukai aroma dari bahan-bahan sintesis untuk parfum. Remaja putri saat ini tak mau jika harus menggunakan parfum ibu mereka yang berbau bunga.

Hal itu juga berpengaruh pada karakteristik aroma parfum karena ternyata generasi milenial lebih banyak tertarik pada aroma netral jender. Yaitu parfum yang tak cenderung terhadap karakter feminim ataupun maskulin, sehingga tak mengherankan jika saat ini Anda bisa temukan banyak produk parfum berada di deretan parfum pria dan wanita sekaligus.

Mr Delforge, seorang ahli parfum membenarkan bahwa memang generasi milenial yang menjadi stimulus perubahan tren dalam industri parfum. Karakter mereka yang sudah terbiasa mampu mendapatkan informasi dengan mudah, ingin lebih banyak transparansi dalam produk. Karenanya mereka sampai ingin tahu seperti apa para peracik wewangian itu.

Toko-toko parfum sekarang pun pada akhirnya berusaha menyesuaikan dengan menginformasikan bahan-bahan apa saja yang mereka gunakan. Seperti Romain Pantoustier di kota Namur, memberi tahukan bahan-bahan parfumnya kepada para pelanggan. Mereka pun juga saat ini justru menghindari bahan dari unsur hewani yang masih alami, menyesuaikan dengan karakter milenial yang lebih suka bahan sintesis.

Karakter generasi milenial yang lebih tertarik dengan parfum netral gende pun telah membuatnya melonjak drastis hingga tahun 2018 mencapai angka 51%. Pada tahun 2010 bahkan peningkatannya mencapai 17%. Perubahan tren yang akhirnya menuntut perusahaan-perusahaan di industri parfum mulai merancang kembali proposisi mereka.

Para pemilik produk sepertinya telah memilih jalan yang benar, karena memang seharusnya mereka terus adaptif terhadap perubahan sosial, termasuk yang diciptakan oleh kekuatan generasi milenial. Dengan begitu mereka bisa tetap survive dalam persaingan di tengah industri parfum yang menjadi semakin transparan oleh teknologi.

Tampaknya generasi milenial dengan karakter mereka yang kuat dan berbeda dari generasi sebelumnya akan terus melahirkan kejutan. Pada akhirnya para pemilik produk yang harus tetap pasang mata dengan cermat, supaya tak melewatkan sinyal-sinyal penting ketika mereka harus mulai berinovasi dengan produk mereka. Karena memang benar, keluar zona nyaman yang membuat kita bisa berkembang.

Sumber foto : https://www.cosmopolitan.com/…/a1…/perfume-personality-quiz/
Sumber : https://www.bbc.com/news/business-50585558

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here