Lika Liku Chandra Hamzah Dari Bangku UI Ke Praktisi Hukum

0
242
sumber : https://katadata.co.id/berita/2015/10/15/belum-setahun-jadi-komut-pln-bekas-pimpinan-kpk-chandra-hamzah-dicopot
sumber : https://katadata.co.id/berita/2015/10/15/belum-setahun-jadi-komut-pln-bekas-pimpinan-kpk-chandra-hamzah-dicopot

Chandra Muhammad Hamzah lahir pada 25 Februari di Jakarta. Sosok yang pernah mengisi kursi komisaris dari salah satu perusahaan BUMN, yaitu PLN, mempunyai sederet prestasi luar biasa.

Lulusan Fakultas Hukum dari Universitas ini adalah salah satu seorang praktisi hukum kondang yang ada di indonesia. Bahkan karena sepak terjangnya sebagai praktisi hukum, Chandra penah diangkat sebagai wakil ketua KPK.

Semasa duduk di bangku kuliah, Chandra sudah terjun ke dalam dunia hukum. Pada saat menjadi mahasiswa Chandra pernah menjadi ketua Senat mahasiswa UI dan juga menjadi Komandan Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia.

Sesudah menamatkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 1995, Chandra bergabung dengan sebuah lembaga Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK).

Di tempat itu juga, Chandra menjadi salah satu pengelola lembaga tersebut. Karir cemerlangnya di lembaga tersebut menjadi sebuah batu loncatan untuk bergabung dengan berbagai lembaga badan hukum lain di Indonesia.

Setelah berkarir di PSHK, Chandra bergabung dengan yayasan Lembaga Hukum Indonesia (YLBHI) dan menjadi asisten pembela hukum. Di posisinya ini Chandra mempunyai kesempatan yang luas untuk belajar mengenai hukum kriminal. Hasil kerja kerasnya di YLBHI menghasilkan banyaknya tawaran untuk meningkatkan karirnya.

Selesai bekerja di YLBHI, Chandra bekerja menjadi staf hukum di PT Unelec Indonesia. Selain itu, ia juga pernah menjadi pengacara pada beberapa firma hukum seperti kantor pengacara Erman Radjaguguk & Associates, Hamzah Tota Mulia, Lubis Ganie Surowidjojo dan pada akhirnya turut mendirikan firma hukum Assegaf Hamzah & Partners.

Berkat karirnya yang sangat mengesankan di bidang hukum, dia mendapat kepercayaan dari pemerintah Indonesia untuk mengisi posisi wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi di bidang penindakan dan bidang informasi serta data pada tahun 2007-2011.

Sebelum diangkat menjadi wakil ketua KPK, Chandra juga sangat aktif di organisasi profesional hukum Indonesia, dan menjabat sebagai wakil ketua Asosiasi Pengacara Indonesia (IKADIN) cabang Jakarta Pusat dari tahun 2003 hingga 2007.

Ia juga pernah menjabat sebagai wakil ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN )’s Legal Division (2005-2007), dan ketua Asosiasi Pengacara Kekayaan Intelektual Indonesia (2006-2007).

https://m.merdeka.com/chandra-muhammad-hamzah/profil/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here