Ketika Start Up Diharapkan Menjadi Penyelamat Ekonomi

0
282
sumber gambar : https://unsplash.com/photos/QckxruozjRg
sumber gambar : https://unsplash.com/photos/QckxruozjRg

Ditengah-tengah status darurat nasional, Pemerintah Inggris memiliki pandangan jauh kedepan untuk membangkitkan kembali ekonomi yang lesu akibat pandemi Covid-19. Pemerintah Inggris berharap, pasca berahirnya pandemi, ekonomi bisa kembali sehat dan kembali normal dalam waktu yang cepat.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, pemerintah mengumumkan skema penjaman senilai ยฃ 1,25 miliar untuk mendukung perusahaan start up baru yang inovatif. Sektor bisnis start up dipilih karena bisnis start up dipandang sebagai sektor yang paling potensial karena karakternya yang dinamis, dapat tumbuh dengan cepat, serta memberikan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kemakmuran di berbagai sektor masyarakat lainya.

๐™„๐™ฃ๐™ซ๐™š๐™จ๐™ฉ๐™–๐™จ๐™ž ๐˜ฝ๐™š๐™จ๐™–๐™ง ๐™‹๐™š๐™ข๐™š๐™ง๐™ž๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ ๐™„๐™ฃ๐™œ๐™œ๐™ง๐™ž๐™จ ๐™๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐˜ฝ๐™ž๐™จ๐™ฃ๐™ž๐™จ ๐™Ž๐™ฉ๐™–๐™ง๐™ฉ ๐™๐™ฅ

Dimasa-masa sulit seperti ini, hampir seluruh sektor bisnis merasakan imbasnya. Tidak terkecuali bidang start up, khususnya perusahaan-perusahaan yang masih baru merintis. Bila diamati, setiap perusahaan start up pasti melalui fase โ€œpembakaran uangโ€ di masa-masa awal.

Di Indonesia, banyak perusahaan start up yang mengeluarkan berbagai promo yang sangat menarik dan menguntungkan konsumen. Mulai dari e-commerce, keuangan, ojek daring, dsb. Pada masa ini, perusahaan start up membutuhkan modal, investasi, ataupun pinjaman yang sangat besar untuk kemudian โ€œdibakarโ€ menjadi program-program promo yang sangat menarik.

Tidak terkecuali Amazon dan Tesla yang juga melalui fase tersebut. Bahkan, Uber hingga kini masih belum mengambil keuntungan sama sekali. Karena itulah, langkah pemerintah Inggris menggelontorkan investasi dalam jumlah yang sangat besar untuk industri start up sangat tepat. Dengan begini, industri start up yang masih dalam fase โ€œpembakaran uangโ€ dapat bertahan di masa krisis, dan siap berkembang menopang ekonomi nasional setelah masa pandemi berahir.

๐˜ผ๐™ฅ๐™–๐™ ๐™–๐™ ๐™‹๐™š๐™ข๐™š๐™ง๐™ž๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ ๐™„๐™ฃ๐™™๐™ค๐™ฃ๐™š๐™จ๐™ž๐™– ๐™‹๐™š๐™ง๐™ก๐™ช ๐˜ฝ๐™š๐™ง๐™ž๐™ฃ๐™ซ๐™š๐™จ๐™ฉ๐™–๐™จ๐™ž ๐™๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™„๐™ฃ๐™™๐™ช๐™จ๐™ฉ๐™ง๐™ž ๐™Ž๐™ฉ๐™–๐™ง๐™ฉ ๐™๐™ฅ?

Indonesia memiliki perusahaan-perusahaan start up yang besar seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Ovo, Traveloka, dsb. Beberapa diantaranya ada yang menjadi unicorn, ada juga yang sudah menjadi decacorn.

Kontribusi perusahaan-perusahaan start up terhadap perekonomian Indonesia, keterserapan tenaga kerja, serta pengembangan berbagai sektor kehitupan sudah sangat terasa. Masyarakat bisa merasakan berbagai kemudahan dari adanya inovai-inovasi yang dihasilkan mereka. Bahkan muncul berbagai bisnis yang menjadikan layanan start up diatas sebagai inti penggerak perusahaan.

Melihat fakta-fakta tersebut, pemerintah bisa mulai menghitung peluang untuk berinvestasi di sektor bisnis start up untuk mendukung berbagai perusahaan-perusahaan baru yang potensial memajukan ekonomi Indonesia kedepanya. Namun selain menghitung kemampuan keuangan, pemerintah juga harus membuat indikator yang jelas terkait perusahaan-perusahaan start up yang potensial.

Sumber referensi :
https://www.bbc.com/news/business-52348409

Sumber gambar :

A Millennialโ€™s Guide to Entering Singapore’s Startup Scene

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here