India Terbukti Tak Sanggup Lockdown, Bagaimana Indonesia?

0
281
sumber gambar : https://www.aljazeera.com/news/2020/03/chaos-hunger-india-coronavirus-lockdown-200327094522268.html
sumber gambar : https://www.aljazeera.com/news/2020/03/chaos-hunger-india-coronavirus-lockdown-200327094522268.html

India mencoba membangkitkan kembali geliat perekonomian nasional dengan melonggarkan aturan lockdown. Dengan kebijakan ini, toko-toko retail penyedia bahan kebutuhan pokok seperti sembako dan pulsa internet diizinkan buka kembali. India juga mengizinkan industri manufaktur kembali beroperasi, dan para petani kembali ke ladang.

Melihat bahwa India merupakan salah satu negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, pemerintah pasti menyadari bahwa keputusan ini membawa resiko meningkatnya penularan virus covid-19. Namun, langkah ini mau tidak mau diambil pemerintah untuk menyelamatkan rakyat ekonomi bawah.

Meskipun sebelumnya, pemerintah telah menggelontorkan bantuan sembako, tapi jumlahnya belum mencukupi. Ini mendorong pemerintah untuk mengambil kebijakan pelonggaran lockdown untuk bisnis skala kecil agar masyarakat diambang kemiskinan bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Selain bertujuan menyelamatkan masyarakat tingkat ekonomi bawah, langkah ini memang harus dilakukan pemerintah India untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok di tingkat kampung. Tanpa dibukanya toko-toko ritel skala kecil yang biasanya tersebar hingga tingkat kampung, masyarakat akan kesulitan membeli bahan kebutuhan pokok.

Dengan kemiripan kondisi ekonomi, bagaimana Indonesia?

Kebijakan ini, sebenarnya sudah diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Meskipun memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah mengecualikan sektor-sektor penting.

Dalam aturan PSBB ini, tidak semua bisnis harus tutup, bisnis yang menyangkut hajat hidup orang banyak harus buka, salah satunya pasar, minimarket dan supermarket yang menyediakan kebutuhan pokok untuk masyarakat.
Hal ini dilakukan pemerintah untuk menjamin rakyat mudah mendapatkan kebutuhan sehari-harinya dalam masa PSBB.

JIka semua penjual kebutuhan pokok buka, masyarakat dapat dengan mudah membeli kebutuhan pokok. Potensi penimbunan kebutuhan pangan oleh orang-orang dengan kekuatan ekonomi besar juga akan sangat tinggi. Sehingga langkah Pemerintah Indonesia selama ini dinilai sudah tepat.

Pelaku usaha retail juga bisa tetap beroperasi dan menghasilkan laba untuk mempertahankan bisnisnya. Dengan perusahaan yang tetap berjalan, mereka tidak perlu merumahkan karyawannya. Namun, protokol pencegahan covid19 tetap harus dilakukan dengan ketat, seperti mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker.

Sumber referensi :
https://www.vox.com/2020/4/25/21236183/india-coronavirus-lockdown-small-business

Sumber gambar :
https://www.aljazeera.com/news/2020/03/chaos-hunger-india-coronavirus-lockdown-200327094522268.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here