Dr. Gamal Albinsaid: Inovator Klinik Asuransi Sampah, Sebuah Fasilitas Kesehatan Untuk Masyarakat Kelas Bawah

0
269
DR. Gamal Albinsaid
DR. Gamal Albinsaid

Tahun 2014, dunia kedokteran Indonesia pantas untuk berbangga hati karena salah satu dokter mudanya mengukir prestasi global dan diundang ke Istana Buckingham, Inggris atas usahanya yang menginspirasi anak muda Indonesia.

Namanya Gamal Albinsaid, seorang dokter yang lahir di Malang pada 8 September 1989, ini mendapatkan penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneurship First Winner 2014, pada Jumat 31 Januari 2014.

Nama Gamal Albinsaid hangat diperbincangkan karena klinik asuransi sampah yang digerakkannya dipandang mampu menyelesaikan dua permasalahan sekaligus, yaitu menangani masalah sampah, untuk menyelesaikan masalah kesehatan.

Dokter muda lulusan Universitas Brawijaya ini memang pantas disebut sebagai dokter muda dengan segudang prestasi. Terutama, inovasinya terkait GCI (Garbage Clinical Insurance).

Sampai-sampai, inovasi Gamal mendapat apresisasi dari Presiden Vladmir Putin saat ia diundang ke Rusia untuk memberikan inspirasi di hadapan 25.000 peserta dari 150 negara di dunia dalam acara World Festival of Youth and Students ke-19 yang diselenggarakan pada 15 Oktober 2017.

Berbagai sumber mengatakan bahwa inovasinya terkait asuransi sampah dan bank sampah datang dari sebuah fenomena kehidupan nyata. Yaitu, kisah tentang Khaerunnisa yang meninggal di atas gerobak. Baginya, itu adalah sebuah polemik tentang kesehatan dan masyarakat kelas bawah.

Gamal juga menginisiasi berdirinya Homedika, sebuah platform digital yang menghubungkan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dengan masyarakat untuk memberikan layanan kesehatan. Juga, Siapa Peduli, sebuah platform crowdfunding pembiayaan kesehatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan dana kesehatan dengan pendekatan digital, media sosial, dan gerakan kerelawanan.

Selain memiliki segudang inovasi dan prestasi di dunia kesehatan, pada tahun 2018 ia ditunjuk sebagai juru bicara Capres dan Cawapres Prabowo-Sandi.

Perjuangan Gamal baik dalam kesehatan ataupun menanggulangi sampah, tentu menjadi sebuah contoh yang patut untuk diteladani, khususnya bagi kita, generasi penerus yang menjadi tulang punggung untuk kemajuan Indonesia.

Menurut Gamal, kuncinya adalah niat dan keyakinan yang kuat akan membuat seseorang dapat berhasil.
Sudah siap untuk melakukan perubahan?

sumber gambar: https://www.instagram.com/gamalalbinsaid/

sumber referensi : https://www.kenangan.com/biografi/gamal-albinsaid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here