Menggandeng Bank Nasional Untuk Bangkitkan Ekonomi Pasca Covid, Apakah Ide Bagus?

0
271
Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/iXqTqC-f6jI
Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/iXqTqC-f6jI

Ditengah kondisi negara yang mengalami kesulitan ekonomi akibat lockdown karena pandemi Covid-19, pemerintah Inggris kembali berupaya untuk membangunkan perekonomian yang sedang kritis. Kali ini dengan program pinjaman bank kepada pengusaha kecil dan juga membantu pembayaran pinjaman dan bunga bank di tahun pertama. Program ini diperuntukkan untuk para pengusaha kecil yang membutuhkan suntikan dana untuk mempertahankan usaha mereka di tengah pandemi.

Jumlah pinjaman yang diberikan berkisar antara 37 juta hingga 941 juta rupiah jika dikonversikan. Pinjaman diberikan oleh lima puluh bank yang sudah terakreditasi oleh pemerintah Inggris untuk memberikan pinjaman. Pinjaman akan cair dalam beberapa hari, setelah peminjam menjawab tujuh pertanyaan di formulir online. Termasuk menginformasikan tentang sistem pergantian, perincian pajak, rekening bank dan bagaimana kondisi bisnis mereka di tengah pandemi.

Membaca Arah Kebijakan Pemerintah Inggris

Dampak pandemi yang sangat besar terbukti mempengaruhi segala sektor bisnis di Inggris. Perusahaan atau bisnis berskala kecil, atau di Indonesia biasa disebut sebagai UMKM merupakan korban terbesar.

Bukan dari sisi kerugiannya, karena jelas pengusaha-pengusaha besar secara nominal mengalami kerugian yang jauh lebih besar dari perusahaan skala kecil. Namun karena ancaman kebangkrutan yang membayangi perusahaan-perusahaan skala kecil.

Kas perusahaan tentu kecil, sehingga tidak bisa mengcover kerugian selama pandemi yang tentunya cukup besar baik itu sewa tempat, gaji karyawan, stok produk yang melimpah, serta oprasional lainya yang tetap berjalan.

Pinjaman bank dan bantuan pemerintah untuk mensubsidi pembayaran hutang dan bunga selama setahun pertama, akan sangat membantu para pengusaha untuk bisa tetap bertahan dan berproduksi ditengah kondisi omset mereka yang sedang terjun bebas.

Dengan bisnis sektor kecil yang tetap hidup, pemerintah pasti berharap agar kedepannya mereka menjadi subjek yang membantu penguatan ekonomi nasional. Mengingat di negara manapun, industri kecil menengah memiliki prospek yang besar bagi perekonomian nasional.

Bagaimana Dengan UMKM Indonesia

Para pengusaha UMKM Indonesia memiliki nasib yang hampir sama dengan pengusaha di Inggris. Produk sulit dijual. Dampaknya mereka kesulitan membayar sewa tempat, gaji karyawan, stok produk yang melimpah, serta pengeluaran lainnya. Mereka sama-sama membutuhkan suntikan dana segar, untuk mempertahankan bisnis mereka.

Namun itu semua sangat bergantung pada kemampuan pemerintah dalam memberikan bantuan untuk masyarakat. Pemerintah harus memperhitungkan matang-matang karena kemampuan keuangan Indonesia masih belum sekuat Inggris. Namun satu hal yang pasti, Pemerintah Indonesia tetap harus memperhitungkan langkah yang tepat untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia, khususnya sektor UMKM dengan konteks sumber daya yang dimiliki.

Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/iXqTqC-f6jI

Sumber Artikel:
https://www.bbc.com/news/business-52524343
https://www.cnbc.com/2020/04/30/pm-boris-johnson-says-uk-is-past-the-peak-of-the-coronavirus-outbreak.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here