Menyelamatkan Usaha Kecil, Salah Satu Yang Terpuruk

0
210
Sumber gambar : https://foto.bisnis.com/view/20200322/1216641/umkm-cendera-mata-terpuruk
Sumber gambar : https://foto.bisnis.com/view/20200322/1216641/umkm-cendera-mata-terpuruk

Kebijakan pemerintah AS untuk melakukan lockdown berakibat ditutupnya berbagai sektor bisnis yang tidak termasuk ke dalam sektor penting. Akibatnya, pemilik usaha berskala kecil menghadapi kerugian yang sangat besar hingga dibayangi ancaman kebangkrutan. Operasional perusahaan yang dihentikan membuat mereka tidak mendapat pemasukan. Namun, mereka masih dituntut beban untuk membayar sewa serta gaji karyawan.

Untuk mengantisipasi kebangkrutan bisnis-bisnis kecil, pekan lalu Presiden Trumpt mengesahkan program perlindungan gaji dan UU peningkatan perawatan kesehatan. Dengan undang-undang ini, pemerintah berkomitmen untuk menggelontorkan dana pinjaman kepada usaha bersakala kecil yang terdampak pandemi.

Sasaran program tersebut adalah perusahaan berskala kecil, organisasi nirlaba dan wiraswasta yang berjuang untuk mendapatkan gaji atau membayar tunjangan dan utilitas. Itu berarti, perusahaan berkembang tidak menjadi cakupan program ini.

Dari pembatasan sasaran program yang di lakukan pemerintah, agaknya pemerintah AS memiliki sumber daya yang terbatas. Usaha skala kecil atau yang baru di bentuk memang menjadi bisnis yang rawan bila menghadapi krisis yang besar seperti pandemi Covid-19 ini. Mereka masih berada pada tahap β€œpembakaran uang”, dan belum memiliki cadangan kekuatan untuk tetap bertahan di tengah krisis.

Ditengah kondisi sumber daya yang terbatas, Pemerintah AS membuat skala prioritas dalam menyelamatkan sektor bisnis dalam negri. Fokus pemerintah bukan untuk mempertahankan industri berkembang agar bisa menjadi besar, tetapi untuk menyelamatkan bisnis-bisnis kecil yang sangat rentan diterpa kebangkrutan akibat pandemi ini.

Namun konsekuensinya, pemerintah harus membuat sistem seleksi yang ketat sehingga penyaluran program bisa tepat sasaran kepada perusahaan-perusahaan kecil yang di ambang kebangkrutan. Bukan perusahaan yang membutuhkan tambahan dana untuk mengembangkan bisnis mereka.

π™‹π™šπ™‘π™–π™Ÿπ™–π™§π™–π™£ π˜½π™–π™œπ™ž π™„π™£π™™π™€π™£π™šπ™¨π™žπ™–

Berkaca dari kebijakan Pemerintah AS di atas, pemerintah Indonesia juga harus mampu membuat skala prioritas penyelamatan ekonomi nasional. Indonesia merupakan negara dengan kawasan yang luas, serta jumlah penduduk yang banyak. Namun, kekuatan keuangan negara sangat terbatas, bahkan bisa dibilang jauh dari Amerika.

Untuk itu, pemerintah harus sadar diri bahwa mereka berada di tengah keterbatasan menghadapi krisis yang sangat besar. Pemerintah harus memikirkan matang-matang dalam menetapkan program yang menyerot anggaran besar. Fokus pemerintah saat ini adalah bagaimana setiap alokasi dana yang dikeluarkan bisa memberikan dampak yang paling optimal dalam menyelamatkan ekonomi nasional.

Sumber referensi :
https://www.npr.org/2020/04/29/847582203/loopholes-in-small-business-relief-program-allowed-thriving-companies-to-cash-in

Sumber gambar :
https://foto.bisnis.com/view/20200322/1216641/umkm-cendera-mata-terpuruk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here