Bukan Menunggu Kebijakan Lockdown, Tapi Berinovasi dan Beradaptasi !

0
271
https://www.suara.com/foto/2020/04/17/144258/pedagang-pasar-minggu-banyak-yang-tak-pakai-masker-saat-berjualan?page=5
https://www.suara.com/foto/2020/04/17/144258/pedagang-pasar-minggu-banyak-yang-tak-pakai-masker-saat-berjualan?page=5

Italia menjadi negara paling terdampak dari pandemi covid19 ini. Tercatat kematiannya mencapai 27 ribu jiwa dengan 200 ribu kasus positif covid19. Keadaan ini membuat ekonomi Italia lumpuh. Pemerintah melockdown semua unit bisnis dan juga negara. Hal ini juga berdampak pada tingkat kekuatan kredit masyarakat Italia yang menurun drastis.

Pemerintah memberlakukan beberapa strategi untuk mulai memulihkan ekonomi negaranya : beberapa unit bisnis mulai dibolehkan beroperasi, tempat umum atau hiburan akan dibuka menyusul namun sekolahan tetap diliburkan hingga September. Pembukaan unit bisnis ini mensyaratkan mereka menerapkan social distancing dan aturan keselamatan untuk covid19 ini.

𝘼π™₯𝙖𝙠𝙖𝙝 π™˜π™€π™˜π™€π™  π™Ÿπ™žπ™ π™– π™™π™žπ™©π™šπ™§π™–π™₯𝙠𝙖𝙣 π™™π™ž π™„π™£π™™π™€π™£π™šπ™¨π™žπ™–?

Seperti yang kita ketahui bahwa hingga akhir April ini, kurva infeksi covid19 masih terus naik dan korban meninggal juga berjatuhan setiap hari. Unit bisnis sudah mulai ditutup sejak awal april dan banyak yang menyusul pertengahan April. Jika curva masih bergerak naik, PSBB akan diperpanjang dan kekuatan ekonomi masyarakat semakin lemah. Semakin lemah kekuatan ekonomi itu, kekuatan kredit kita juga akan memburuk seperti Italia. Apakah mungkin langkah yang ditempuh Italia juga bisa kita pakai?

Untuk saat ini, sepertinya kita belum bisa menerapkan strategi yang sama. Membuka unit bisnis kembali, baru bisa kita lakukan setelah curva infeksi covid19 bergerak turun hingga menyentuh angka 0. Kekuatan kredit dan ekonomi masyarakat pasti akan turun, pada krisis ini pemerintah yang akan berperan besar menjaga daya kredit dengan memberikan suntikan dana pada unit-unit bisnis agar bisa bergerak kembali setelah covid19 mereda.

Pembukaan unit bisnis dan tempat-tempat umum bisa dilakukan bertahap bergantung pada keadaan dan kedisiplinan masyarakat mengikuti peraturan yang ada.
Ditengah masa krisis ini, yang bisa kita lakukan adalah bertahan dan mencari peluang-peluang bisnis yang mampu kita lakukan. Beradaptasi dan berinovasi. Itu yang bisa kita upayakan untuk menjaga kekuatan ekonomi kita dan bersama-sama dengan pemerintah bangkit dengan cepat pasca pandemi berakhir.

Sumber referensi :
https://www.cnbc.com/2020/04/29/fitch-downgrades-italys-credit-rating-to-one-notch-above-junk.html

Sumber gambar :
https://www.suara.com/foto/2020/04/17/144258/pedagang-pasar-minggu-banyak-yang-tak-pakai-masker-saat-berjualan?page=5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here