Harga Minyak Anjlok, Terendah Sejak 21 Tahun Terakhir

0
326
sumber gambar : https://oilprice.com/Energy/Crude-Oil/Saudis-Own-The-Largest-Refinery-In-The-US-Now-What.html
sumber gambar : https://oilprice.com/Energy/Crude-Oil/Saudis-Own-The-Largest-Refinery-In-The-US-Now-What.html

Harga minyak AS mencapai titik terendah dalam 21 tahun terahir. Kondisi tersebut disebabkan melimpahnya pasokan minyak dunia. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, produsen minyak kesulitan mencari akses ke ruang penyimpanan minyak dunia karena kapasitas penampungan yang diperkirakan akan penuh pada akhir April atau minggu pertama Mei.

Produksi minyak dunia yang tinggi berbanding terbalik dengan permintaan minyak dari pasar. Jumlah minyak yang jauh lebih banyak dari permintaan pasar menjadi faktor pendorong turunya harga minyak dunia.

Untuk mengendalikan harga minyak dalam negeri, Presiden Donald Trump mulai mempertimbangkan untuk memblokir impor minyak mentah dunia. Bila aturan ini diberlakukan, 19 tanker minyak Saudi yang membawa hampir 40 juta barel minyak berpotensi terdampar di lepas pantai AS dan terpaksa putar haluan.

𝘼𝙡𝙩𝙚𝙧𝙣𝙖𝙩𝙞𝙛 𝙐𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙈𝙚𝙣𝙟𝙖𝙜𝙖 𝙎𝙩𝙖𝙗𝙞𝙡𝙞𝙩𝙖𝙨 𝙃𝙖𝙧𝙜𝙖 𝙈𝙞𝙣𝙮𝙖𝙠 𝘿𝙪𝙣𝙞𝙖

Bila pemblokiran impor minyak sulit dilakukan, pemerintah bisa mengambil alternatif kebijakan dengan meningkatkan tarif impor minyak yang tinggi. Langkah ini dipercaya bisa mengurangi impor minyak ke Amerika.

Langkah pembatasan / pemblokiran impor minyak juga harus diimbangi dengan usaha untuk menjaga keberlangsungan industri minyak Amerika Pemerintah harus memprioritaskan pembelian minyak mentah domestik untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pengendalian jumlah minyak juga bisa dilakukan dengan melakukan penutupan sumur-sumur minyak di beberapa titik secara sementara sampai kondisi kembali normal. Dengan begitu, maka jumlah minyak dunia akan berkurang hingga jutaan barel.

𝙄𝙣𝙙𝙤𝙣𝙚𝙨𝙞𝙖 𝙅𝙪𝙜𝙖 𝙃𝙖𝙧𝙪𝙨 𝘽𝙚𝙧𝙨𝙞𝙖𝙥

Bila Amerika menerapkan pemblokiran impor minyak, maka kapal-kapal tanker minyak yang akan masuk ke Amerika secara alamiah akan mencari kilang minyak di negara-negara selainya. Itu berarti, pasar Eropa dan Asia harus bersiap menerima pasokan minyak tambahan, termasuk 40 juta barel minyak mentah yang dibawa tanker Saudi.

Indonesia juga harus mempersiapkan diri menghadapi ini. Pemerintah harus menyiapkan langkah untuk menghadapi anjloknya harga minyak mentah. Bila pemerintah Indonesia tidak memiliki power yang besar seperti Amerika untuk menolak impor minyak, maka pemerintah harus menyelamatkan industri minyak domestik dari kehancuran. Pemerintah wajib memprioritaskan pemenuhan kebutuhan minyak dari industri dalam negeri.

Sumber referensi :
https://www.theguardian.com/business/2020/apr/22/brent-crude-oil-price-hits-21-year-low-amid-glut

Sumber gambar :
https://oilprice.com/Energy/Crude-Oil/Saudis-Own-The-Largest-Refinery-In-The-US-Now-What.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here