Kebijakan Cerdas Pemerintah Inggris, Optimalkan Industri Pangan 

0
302
Sumber Gambar : https://www.provisioneronline.com/articles/106963-state-of-the-seafood-industry-2018
Sumber Gambar : https://www.provisioneronline.com/articles/106963-state-of-the-seafood-industry-2018

Inggris menjadi salah satu negara yang menjadi zona merah pandemi Korona yang menyerang dataran Eropa. Pemerintah memberlakukan aturan lockdown untuk membatasi penularan virus. Akibatnya, berbagai sektor bisnis di Inggris mengalami kelesuan. Salah satunya adalah sektor maritim.

Karena pandemi korona, banyak nelayan dan pemilik kapal penangkap ikan sulit menjalankan bisnis mereka. Meskipun masih bisa melaut, namun penutupan restoran dan penutupan jalur ekspor membuat sulitnya hasil tangkapan di jual kepada pasar.

Ekspor kepiting ke China juga turun secara dramatis. Dampaknya, industri perikanan Inggris mengalami kehancuran. Minat konsumsi hasil tangkapan dalam negeri sendiri sangat rendah. Masyarakat Inggris justru lebih suka mengkonsumsi hasil tangkapan laut ekspor.

𝙎𝙩𝙧𝙖𝙩𝙚𝙜𝙞 𝙋𝙚𝙢𝙚𝙧𝙞𝙣𝙩𝙖𝙝 𝙈𝙚𝙣𝙞𝙣𝙜𝙠𝙖𝙩𝙠𝙖𝙣 𝘽𝙞𝙨𝙣𝙞𝙨 𝙋𝙚𝙧𝙞𝙠𝙖𝙣𝙖𝙣

Untuk menyelamatkan bisnis perikanan dalam negeri, Pemerintah Inggris berencana untuk memberikan bantuan dana £ 10jt kepada lebih dari 1.000 bisnis perikanan dan akuakultur. Bantuan tersebut dirincikan menjadi £ 9 juta dalam bentuk hibah tunai dan £ 1 juta untuk membantu menjual hasil tangkapan mereka secara lokal.

Bila dianalisa lebih lanjut, bantuan pemerintah Inggris untuk bisnis perikanan tidak hanya semata-mata untuk menggerakan sektor bisnis saja. Lebih dari itu, dengan berjalannya kembali bisnis perikanan, pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama masa lockdown.

Tujuan tersebut terlihat dari rincian dana bantuan, dimana £ 1 juta diantaranya dialokasikan sebagai modal promosi hingga pemasaran produk perikanan pada pasar lokal. Dengan iklan yang lebih intensif, pemerintah berharap dapat menarik minat warganya untuk membeli hasil tangkapan nelayan lokal. Melalui strategi tersebut, pemerintah dapat memenuhi kebutuhan pangan warganya, sekaligus menggerakan roda bisnis perikanan dalam negeri.

𝙋𝙚𝙡𝙖𝙟𝙖𝙧𝙖𝙣 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝘽𝙞𝙨𝙖 𝘿𝙞𝙖𝙢𝙗𝙞𝙡 𝙋𝙚𝙢𝙚𝙧𝙞𝙣𝙩𝙖𝙝 𝙄𝙣𝙙𝙤𝙣𝙚𝙨𝙞𝙖

Belajar dari langkah pemerintah Inggris, Indonesia bisa merangkul industri pangan dalam negri untuk terus menggenjot produksi. Selain membantu ribuan, bahkan jutaan masyarakat yang terlibat di sektor tersebut, pemerintah juga bisa memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

Pemerintah harus mulai memikirkan sektor mana yang perlu dioptimalkan. Sehingga tidak hanya mengandalkan cadangan makanan yang ada saja. Strategi seperti ini memberikan keuntungan ganda, baik pelaku ekonomi di sektor bisnis yang dibantu, serta masyarakat secara umum dalam hal kaitannya pemenuhan pangan. Apalagi, sebentar lagi akan dihadapkan dengan bulan Ramadhan dan lebaran.

Sumber referensi :
https://www.theguardian.com/world/2020/apr/17/government-throws-englands-fishermen-a-10m-lifeline

Sumber Gambar :
https://www.provisioneronline.com/articles/106963-state-of-the-seafood-industry-2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here