Rahasia Menaklukkan Berbagai Ketakutan Untuk Memulai Bisnis

0
168
Sumber foto : https://www.freepik.com/free-photo/confident-business-team-with-leader_865262.htm
Sumber foto : https://www.freepik.com/free-photo/confident-business-team-with-leader_865262.htm

Sepertinya ini menjadi pikiran hampir setiap orang yang hendak memulai bisnis. Mereka takut gagal, mengalami rugi besar, kehilangan semua uangnya atau bahkan lebih parah lagi dikepung hutang yang menumpuk. Memang benar, ada cerita tentang bisnis yang gagal lalu meninggalkan bekas berupa cerita yang memilukan, bahkan tak sedikit mereka akhirnya gila. Tapi satu yang perlu diingat, ada lebih banyak kisah sukses!

Seharusnya jika kita memang menggunakan berbagai realitas para pebisnis itu, tak hanya melihat cerita yang gagal. Karena seharusnya kita pahami, dengan masih adanya orang-orang yang sukses dengan bisnisnya, maka itu artinya masih ada harapan untuk Anda pun sukses. Salah satunya pebisnis yang menarik untuk dibahas adalah Ravin Gandhi, CEO GMM Nonstick Coatings yang saat ini menjadi salah satu pemasok terbesar lapisan antilengket ke industri rumah tangga.

Dilansir dari CNBC, Gandhi bercerita bahwa sebelum ia menjadi seperti sekarang, ia tak beda dengan orang-orang lainnya yang juga takut memulai bisnis. Ia terus berpikir tentang bagaimana jika nantinya gagal. Sampai kemudian ia mendapatkan motivasi dari pebisnis yang berpengalaman, bahwa kebanyakan orang ketika akan bukan menyesali kegagalan, tapi justru pada hal-hal yang tak pernah sempat mereka coba.

Pada akhirnya ia berani untuk memulai dan bahkan bisa menemukan caranya sendiri untuk menghadapi berbagai perasaan khawatir itu. Seperti misalnya ketika ia merasa khawatir dengan tingginya persaingan pada bidang bisnis yang dijalani. Ia sering sedih ketika kalah dari para kompetitor. Tapi kemudian berubah ketika ia justru berhasil mendapatkan klien besar karena keunggulan perusahaannya yang bisa lebih cepat dan inovatif.

Hal kedua yang juga menjadi kekhawatirannya adalah ketidakpastian bisnis. Apalagi dengan semakin besarnya perusahaan, keputusan yang diambil bagi bisnis akan semakin kompleks. Tapi kemudian ia sadar bahwa tidak ada satupun manajer di dunia ini yang juga menghadapi kepastian. Sehebat apapun mereka mencoba memprediksi, tetap pasti ada yang masih menjadi misteri. Setelah itu ia merasa lebih baik dan berani mengambil berbagai resiko yang sudah dipertimbangkan.

Mungkin bagi Anda yang saat ini juga masih merasa ragu untuk memulai bisnis, memikirkan hal yang sama atau bahkan lebih banyak. Tak perlu merasa berkecil hati, karena yang lain pun juga mengalaminya. Satu poin penting yang bisa kita petik hari ini, bahwa kunci untuk menaklukkan ketakutan itu adalah tetap obyektif. Tidak hanya memandang dari sisi positif ataupun dari sisi negatif. Karena dengan begitu justru emosi kita lebih stabil dan siap menghadapi berbagai tantangannya.

Sumber referensi : https://www.cnbc.com/2019/11/08/how-i-conquered-the-8-biggest-fears-about-starting-a-business.html

Sumber foto : https://www.freepik.com/free-photo/confident-business-team-with-leader_865262.htm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here