Kisah 1 Dekade Perubahan Gaya Hidup Oleh Produk Inovasi Digital

0
135
Sumber foto : https://pixabay.com/photos/man-smartphone-mobile-technology-1718099/
Sumber foto : https://pixabay.com/photos/man-smartphone-mobile-technology-1718099/

Jika Anda aktif menggunakan media sosial, mungkin akan menemukan konten-konten bertema perubahan selama 1 dekade. Bukan hanya orang-orang secara personal yang mengunggah konten tentang perubahan diri mereka dalam 10 tahun terakhir, bahkan juga ada brand bisnis yang membuatnya.

Bukan sekadar omong kosong, memang dunia telah banyak berubah dalam 1 dekade terakhir. Perkembangan teknologi digital terutama yang kemudian mendorong perubahan drastis gaya hidup masyarakat. Apalagi ketika smartphone semakin banyak digunakan, bisnis digital semakin mudah menjangkau pasarnya dari berbagai kalangan.

Dilansir dari Asiaone, warga negara China merasakan banyak kebiasaannya berubah sejak maraknya teknologi digital khususnya smartphone. Dulunya untuk mereka membayar tagihan, harus menyiapkan uang tunai dan membayarnya di tempat-tempat tertentu. Sedangkan untuk makan, mereka harus ke restoran atau kedai makan secara langsung.

Sekarang, hal itu terasa sangat merepotkan, ketika semuanya bisa diselesaikan hanya dengan aplikasi di smartphone. Orang-orang bisa memesan makanan dengan aplikasi food delivery, mereka juga bisa membayar tagihan hanya dengan menyentuh layar, bahkan untuk mendapatkan taksi tak lagi harus menunggu di tepi jalan sambil terus melambaikan tangan.

Negara Singapura juga mengalami perubahan yang tak jauh berbeda. Berbagai aplikasi smartphone telah mengubah banyak kebiasaan warganya. Mulai dari aplikasi untuk transportasi publik, food delivery, berbagi sepeda, belanja online dan seterusnya. Pada akhirnya tak heran semakin banyak aplikasi dikembangkan, karena kondisi pasar yang sangat menggiurkan.

Entah apakah Anda saat ini sudah menjalankan bisnis online, hendak memulai atau baru merencanakan, pastinya berharap hal serupa. Bahwa nantinya bisa meraup banyak keuntungan dari ketersediaan pasar yang masih sangat banyak. Apalagi untuk lokal saja, Indonesia menyediakan jumlah pasar yang tak sedikit.

Tapi penting juga hal ini akhirnya memberikan medan yang semakin padat. Bukan hanya satu dua orang pebisnis yang menyadari potensi bisnis digital, tapi jutaan. Persaingan yang semakin ketat menjadi tantangan yang harus dihadapi. Kecuali jika Anda sudah siap dengan strategi blue ocean, menciptakan produk yang baru dan belum ada pesaingnya, mungkin akan berbeda.

Jalan manapun yang akan Anda pilih, pastikan untuk terus update dengan kondisi pasar. Karena apapun bisa terjadi, termasuk perubahan gaya hidup masyarakat. Selain itu juga usahakan bahwa produk digital Anda memudahkan dan semakin praktis. Karena itulah yang saat ini sudah menjadi standar untuk diterima di pasar digital. Ketika orang-orang sudah terbiasa dengan segala hal yang jauh lebih praktis hanya dengan beberapa sentuhan pada layar.

Sumber referensi :
https://www.asiaone.com/digital/how-smartphone-apps-changed-way-people-live-china
https://www.asiaone.com/digital/6-technologies-changed-singapore-past-decade
Sumber foto :
https://pixabay.com/photos/man-smartphone-mobile-technology-1718099/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here