Susi Pudjiastuti: Putri Peternak Sapi Yang Pernah Jadi Menteri

0
142
sumber foto : instagram (@susipudjiastuti115)
sumber foto : instagram (@susipudjiastuti115)

Ibu susi Pudjiastuti memang bukan lagi menteri.
Meski begitu, sosoknya tetap harum sebagai inspirasi.

Lahir di pangandaran 15 Januari 1965, beliau merupakan wirausahawan sejak dini. Orangtua Susi Pudjiastuti merupakan peternak dan penjual hewan potong seperti sapi dan kerbau.

Ketika banyak kawan semasa SMP nya sibuk dengan dunia masa SMP, Susi kecil justru sibuk dengan bisnis pakaian seperti bedcover. Karena suatu hal, susi kecil terpaksa berhenti sekolah.

Setelah berhenti sekolah, susi kecil berjualan ikan. Bisnis susi pada waktu itu memiliki profit hanya sekitar 750.000 saja. Meski profit yang dihasilkan kecil, susi tetap tak menyerah.

Berkat otak kreatifnya, Susi membeli ikan-ikan di tempat pelelangan dan menjualnya kembali pada restoran-restoran.
Awal mula menjual ke restoran, tidak semua mempercayai ikan yang dijualnya.

Namun, karena Susi sangat gigih dalam menawarkan dagangan, akhirnya perlahan banyak restoran yang menjadi langganannya.

Ditengah perjalanan, susi mengalami hambatan berupa susahnya mengirim ikan dan lobster ke luar negeri dalam keadaan segar.

Beruntungnya, pada saat itu, suaminya yang seorang pilot mendukung usahanya. Susi mengajukan pinjaman dana ke bank untuk membuat pesawat.

Pesawat pribadinya tersebut mulanya digunakan sebagai alat transportasi untuk mengirim ikan-ikan dan lobster ke luar negeri.

Cerita berubah ketika bencana Tsunami Aceh terjadi. Rasa kemanusiaan Susi yang besar mendorongnya untuk mengirim bantuan berupa pesawat yang bisa digunakan oleh siapapun untuk mengirim bantuan ke Aceh.

Tindakannya ini memicu perhatian banyak LSM dalam dan luar negeri. Akhirnya, Bu Susi mengembangkan bisnis yang sebelumnya tak pernah terfikirkan: “Susi Air”. Bisnis ini merupakan jasa penyedia layanan transportasi berbagai produk perikanan.

JADI MENTERI

Awal pembentukan kabinet kerja trisakti, Presiden Joko widodo sempat membuat heboh karena keputusannya memilih Susi Pudjiastuti.

Awalnya, sebagian masyarakat kontra dengan background pendidikan Susi Pudjiastuti yang tak tamat SMP.

Namun, berkat kebijakannya yang sangat menguntungkan nelayan, Makin banyak pihak yang menghargai bahkan mengidolakan beliau.

Kini, meski sosok Ibu Susi Pudjiastuti bukan lagi menteri, sosoknya tetap dirindukan masyarakat entah karena statementnya maupun kehadirannya di media.

Foto: https://www.instagram.com/susipudjiastuti115/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here