Menjadi Seorang Bob Sadino

0
176
sumber gambar : fimela.com
sumber gambar : fimela.com

Menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur sukses adalah idaman setiap orang, hanya saja tidak semua orang memiliki semangat dan ketekunan yang sama dalam proses mencapai impian tersebut. Maka sudah bisa ditebak hasil akhir proses setiap orangpun akan berbeda-beda.

Jika kita ingin menjadi wirausahawan sukses tentu ada beberapa hal yang harus kita tanamkan dalam diri kita, dibawah ini mari kita simak kiat-kiat menjadi wirausahawan sukses:

1. Niat dan Tekad
Niat adalah akar dari segala tindakan, sama halnya untuk menjadi seorang wirausahawan haruslah dimulai dengan niat yang bukan hanya sekadar ucapan“aku ingin menjadi pengusaha” apa hanya dengan berkata demikian kesuksesan akan menghampiri kita? Tentu saja tidak. Maka niat disini harus diserta dengan tekad yang kuat untuk mencapai dan mewujudkan sebuah mimpi.

2. Action
Mulailah dari yang anda bisa! Jangan terus dan terus menunggu waktu yang tepat. Sejatinya waktu yang tepat tidak akan pernah datang jika bukan kita yang menentukannya sendiri.

3. Berani Ambil Risiko
Berani ambil risiko adalah bentuk kepercayaan diri yang menyingkirkan segala rasa takut.
Menjadi seorang wirausahawan harus berani mengambil risiko karena jika tidak, percayalah! Apa yang kita lakuan tidak akan pernah bergerak maju, kesuksesan hanya angan-angan belaka.

4. Pantang Menyerah
Jatuh, bangkit lagi! Jangan tumbang, jangan biarkan usahamu gulung tikar!
Sikap pantang menyerah wajib dimiliki oleh seorang wirausahawan demi mencapai kesuksesannya.

5. Pangsa pasar
Hal yang tidak kalah penting dalam berbisnis atau menjadi wirausahawan kita harus mampu melakukan market segment sehingga kita akan tahu kemana arah bisnis yang kita jalani dimasa yang akan datang. Atau boleh dikatakan sebagai gambaran.

Selain uraian diatas tentu saja ada banyak kiat-kiat atau tips lain untuk menjadi wirausahawan sukses yang bisa kita cari dari banyak sumber.

Tapi biasanya bagi seseorang sekadar tips saja tidak cukup bagai omong kosong, kita selalu menginginkan contoh nyata dari sebuah kesuksesan. Baiklah agar kita sama-sama termotivasi dan memiliki semangat yang membara ada baiknya menyimak profil wirausahawan atau entrepreneur sukses yang sepak terjangnya sudah tidak diragukan di dunia usaha yakni Bob Sadino.
~~~~

Mendengar nama Bob Sadino tentu saja sudah sangat akrab di telinga kita terlebih bagi yang gemar membaca atau mendengar berita tentang pengusaha, namanya kian melegenda di kalangan para kaum milenial yang berjiwa wirausaha.

Siapa tak tahu Bob Sadino yang terkenal dengan ciri khasnya, dibalik kilau kesuksesan seorang Bob Sadino, ia kerap tampil santai dan sederhana.

Kami rasa banyak dari kita yang sudah tahu kisah sukses seorang Bob Sadino namun agar api semangat dalam diri kita terus membara mari sama-sama menapaki kisahnya kembali.

Bob Sadino lahir di Bandar Lampung pada 09 Maret 1933, diusia dewasa Bob Sadino menetap di Belanda selama kurang lebih 9 tahun dan menemukan tambatan hatinya. Disana ia bekerja di Djakarta Lylod Amsterdam dan di Hamburg, Jerman.

Pada tahun 1967 Bob Sadino kembali ke Indonesia membawa serta istri dan anak-anak juga 2 mercedes kecintaannya, memutuskan untuk berhenti jadi pekerja di perusahan orang lain dan bertekad akan membuka usahanya sendiri.

Usaha pertama yang dilakoni Bob Sadino adalah menyewakan mobil mercedes yang ia miliki dan ia sendiri yang menjadi sopirnya namun nasib sial pikirnya kala itu telah membuat Bob mengalami kecelakaan yang menyebabkan mobil mercedes milikinya rusak parah.

Karena 1 mercedes sebelumnya telah Bob jual untuk membeli sebidang tanah di daerah Kemang, Jakarta maka usaha sewa mobilpun terpaksa dihentikan. Akhirnya Bob Sadino banting setir menjadi kuli bangunan yang diupah tidak lebih dari Rp. 100.

Saat itulah Bob mengalami kesusahaan ekonomi yang payah, ia berpikir bagaimana caranya bertahan hidup dan menghidupi keluarga. Jangan salah, seorang Bob Sadino pernah hampir depresi karena tekanan hidup dan keterpurukan ekonomi.

Langkah pertama Bob Sadino adalah berhenti merokok karena ia berpikir jika ia terus merokok maka esok keluarganya tak bisa makan. Lantas berbagai ide ia pikirkan untuk mulai bangkit dari keterpurukannya.

Ditengah kesulitan hidup seorang teman menyarankan Bob untuk berternak sekadar menghalau rasa gundah dan stress yang ia rasakan. Bob Sadino mempertimbangkan saran seorang temanya itu dan ia tertarik, pikir Bob dengan beternak stress yang dia rasakan akan berkurang.

Siapa sangka yang awalnya hanya untuk menghalau rasa stress Bob Sadino tertarik untuk menjadikan ternak ayam yang ia miliki menjadi sebuah usaha. Sejak saat itu ia bertekad terus mengembangkan peternakan yang ia miliki.

Cacian hinaan mungkin menjadi makanan sehari-hari yang diterima Bob Sadino dan keluarga kala itu ketika harus berkeliling menjual telur-telur dan daging ayam dari pintu ke pintu untuk sekadar bertanya “apakah Ibu/Bapak tertarik membali telur atau ayam saya?” untungnya Bob Sadino adalah orang yang cerdas dan fasih berbahasa inggris maka tak sedikit orang asing yang tinggal di daerahnya menjadi langganan telur dan ayam dari seorang Bob Sadino.

Kala itu telur dan ayam negeri belum terkenal di Jakarta tapi lihatlah berkat kerja keras Bob Sadino ia berhasil mengenalkan produk telur dan ayam negeri miliknya. Kian hari usaha ternak ayam yang ia miliki memberikan kemajuan yang signifikan. Hingga ia memiliki jaringan usaha Kemfood dan Kemchick yang menjadikan dirinya sebagai salah satu ikon entrepreneur sukses tanah air.

Sikap pantang menyerah yang Bob Sadino miliki telah membuktikan bahwa sekecil apapun usaha yang kita miliki akan menjadi besar jika kita selaku nahkodanya tak takut akan rintangan dan badai.

Jika seorang Bob Sadino mampu melakukan hal demikian, percayalah kitapun mampu melakukan hal yang sama atau bahkan lebih. Percayalah pada kemampuanmu!

Sumber gambar: https://www.fimela.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here