Seberapa Efektifkah Konten Video Untuk Internet Marketing?

0
141
Sumber foto : animoto.com
Sumber foto : animoto.com

Tahukah Anda bahwa dilansir dari Dreamgrow, statistik Wyzowl menunjukkan angka yang fantastis terhadap penggunaan konten video untuk online marketing? Hingga tahun 2018 ketika penelitian ini dilakukan, tercatat setidaknya 63% perusahaan yang sudah mulai menggunakan strategi video. 82% diantaranya bahkan sudah meyakini bahwa mereka sudah mendapatkan hasil dari investasi tersebut.

Fenomena itu tentu saja akan memunculkan pertanyaan dalam benak para pebisnis, mungkin salah satunya juga Anda. Sampai seberapa efektifkah konten video digunakan untuk konten marketing? Terutama ketika dibandingkan jenis konten lainnya seperti teks atau gambar. Wajar jika masih muncul keraguan, karena konten video cenderung lebih mahal produksinya, sehingga mereka ingin memastikan peluang keuntungannya.

Kemampuan Video dalam Mencuri Atensi

Pemasaran apapun harus bisa menarik atensi pelanggan jika ingin sukses menyampaikan pesannya. Ketika video dipakai sebagai konten pemasaran, ternyata hasilnya sangat atraktif. Bagaimana tidak? Jenis konten satu ini bahkan bisa menarik atensi kelompok ‘pemalas’ yang enggan membaca teks. Jadi bisa dikatakan konten video efektif untuk mencuri perhatian hampir semua kalangan.

Video untuk Strategi SEO

SEO menjadi senjata yang akan terus diburu oleh para pebisnis online selama mesin pencarian masih berjaya. Setiap situs berlomba untuk mendapatkan pengunjung, rating, engagement dan sejenisnya. Beberapa yang cerdas, melangkah lebih jauh dengan konten video. Karena video menjadi strategi SEO terbaru yang sangat progresif hasilnya.

Pertama, Google sebagai mesin pencarian terbesar sudah membeli Youtube, dan itu berefek signifikan karena mereka sekarang lebih memprioritaskan konten dengan video di dalamnya. Kedua, data dari para pengguna media sosial bahwa 73% dari mereka dengan sukarela menyebarkan kembali konten video jika itu menghibur. Jadi jika Anda membuat konten pemasaran yang seperti itu, bisa meningkatkan pengunjung website dengan sangat drastis!

Iklan Video Meningkatkan Konversi Penjualan

Pebisnis manapun rela merogoh kocek lebih dalam untuk menerbitkan iklan karena mereka berharap bisa dapat konversi penjualan lebih besar. Jadi mereka tak rugi karena biaya untuk iklan terbayar oleh keuntungan peningkatan tersebut. Itupun mengapa saat ini banyak pebisnis online yang mulai beralih ke iklan berbentuk video, karena efektivitasnya meningkatkan konversi.

Hal ini dibuktikan salah satunya oleh tim Treepodia yang mendapatkan hasil bahwa penggunaan video untuk pemasaran produk meningkatkan konversi sampai angka 80%! Sejalan dengan penelitian yang mendapat hasil bahwa 74% user menjadi terdorong untuk membeli produk setelah menonton videonya. Sebenarnya itu sangat logis, karena otak kita lebih banyak menerima dan menyimpan informasi dalam bentuk visual.

Sekarang Anda sudah tahu sampai seberapa efektivitas dari konten video untuk digunakan dalam online marketing. Strategi satu ini terbukti memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk menarik para pelanggan. Selamat berinovasi!

Sumber foto : animoto.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here