Omnichannel, Inovasi Terbaru Dalam Dunia Internet Marketing

0
210
sumber foto : marketing.co.id
sumber foto : marketing.co.id

Perkembangan teknologi digital sangat cepat dan terus melahirkan inovasi-inovasi yang tak pernah dilakukan sebelumnya dalam bisnis. Banyak hal berubah sejak pertama kali internet melahirkan globalisasi. Para pebisnis pun harus terus bergerak kreatif dan inovatif supaya perusahaannya tak gulung tikar tergerus oleh laju jaman.

Strategi internet marketing semakin variatif, salah satu strategi baru yang masih belum banyak diterapkan oleh para pebisnis adalah Omnichannel. Jika multichannel saja masih terbilang jarang karena cukup sulit untuk diterapkan, ini lebih kompleks lagi. Karena perusahaan bukan hanya menyediakan beberapa channel untuk digunakan, tapi membuatnya saling terhubung, sehingga pelanggan dapat jauh lebih nyaman.

Penerapan Omnichannel dalam Bisnis

Pasti bagi orang yang belum banyak mengetahui sistem omnichannel akan menerapkan bagaimana penerapannya untuk bisnis. Sebagian menganggapnya cukup rumit untuk digunakan, padahal itu semua tergantung dari seberapa kompleks konteks bisnisnya. Padahal sebenarnya ini adalah inovasi yang universal dan bisa dipakai oleh industri bidang apapun.

Prinsip dari omnichannel adalah integrasi channel yang membuatnya real time. Contohnya suatu perusahaan menyediakan beberapa jalur untuk pelanggan, mulai dari toko fisik, toko online, media sosial, sistem CRM dan email. Semuanya saling terintegrasi sehingga misalkan pelanggan ingin membeli produk, bisa mengecek terlebih dulu lewat toko online, kemudian ia bisa memesannya untuk kemudian diambil di toko fisik terdekat dari lokasinya.

Beberapa contoh lain adalah toko fisik menyediakan komputer khusus di toko fisik yang bisa dipakai pelanggan. Jadi ia tak perlu repot untuk menanyakan satu persatu stok, bisa mengecek pada sistem online, apa saja produk yang tersedia, apa saja yang sedang promo, dan sebagainya. Bahkan beberapa yang lebih canggih, bisa memberikan gambaran visual ketika produk tersebut digunakan, misal seperti baju, akan tampak gambaran ketika itu dipakai oleh si customer.

Keuntungan Menerapkan Omnichannel

Jelas bahwa strategi ini sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan, karena pembelian produk akan sangat jauh lebih mudah dan fleksibel, bagi mereka yang sangat sibuk sekalipun. Tentu saja ini bisa menghasilkan lebih banyak kepuasan pelanggan terhadap produk. Sesuatu yang semakin jarang di era digital ketika pelanggan bisa berpindah toko dalam hitungan detik.

Selain aspek kenyamanan, omnichannel pun akan membuat mereka semakin loyal karena jaminan informasi yang sangat mudah didapatkan. Ketika selama ini mereka terbatas waktu untuk menjangkau toko fisik, dengan omnichannel mereka bisa mendapatkan informasi update di channel manapun sesukanya. Ia bisa cek hanya dengan membuka akun media sosial brand misalnya, hanya untuk mengecek produk apa saja yang sedang diskon.

Pada akhirnya ketika pelanggan sudah benar-benar dimanjakan oleh semua kemudahan dari bisnis Anda, mereka akan semakin terikat dan loyal dengan brand. Jadi ini benar-benar satu inovasi yang menarik untuk dikembangkan para pebisnis di era digital 4.0.

sumber foto : marketing.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here