𝗟𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗟𝗶𝘃𝗲 𝗦𝘁𝗿𝗲𝗮𝗺𝗶𝗻𝗴 : 𝗔𝗽𝗮 𝗞𝗮𝗯𝗮𝗿 𝗕𝗶𝘀𝗻𝗶𝘀 𝗢𝗻𝗹𝗶𝗻𝗲?

0
184
sumber gambar : https://unsplash.com/photos/cPSroMqTRQg
sumber gambar : https://unsplash.com/photos/cPSroMqTRQg

Beberapa hari terakhir Live Streaming jadi salah satu bahan perbincangan di media sosial. Khususnya terkait dengan gugatan RCTI tentang regulasi siaran via internet. Mereka merasa kalau dalam aturannya, Pasal 1 ayat 2 UU Penyiaran, tak sepenuhnya adil.

Mereka menganggap bahwa syarat yang ditetapkan kepada penyiaran media elektronik tak dibebankan juga pada penyiaran via internet. Padahal menurut mereka, hal itu juga termasuk bidang “penyiaran” yang sama dengan pihak mereka.

Gugatan itu memang belum dikabulkan, tapi netizen Indo sudah mulai pusing. Terutama khawatir jika pada akhirnya hal itu berdampak pada regulasi atau bahkan memunculkan larangan live streaming di medsos. Padahal itu jadi salah satu media yang saat ini banyak dimanfaatkan, bukan hanya dalam ranah personal tapi juga oleh kalangan bisnis.

Live streaming selama ini sudah banyak membantu bisnis dalam membangun komunitas pelanggan loyalnya. Selain itu live streaming juga memudahkan bisnis dalam menjalankan pemasaran influencer, membangun hubungan lebih dekat dengan audiens.

Meskipun itu memang belum terjadi, tapi jika ternyata gugatan itu benar-benar dikabulkan, ini akan jadi masalah serius. Karena nantinya setiap live streaming harus dilengkapi dengan ijin dan menyulitkan bagi bisnis-bisnis kecil untuk memanfaatkannya. Pada akhirnya mereka harus memutar otak untuk mencari jalan lain supaya bisa tetap bersaing dalam digital marketing.

Padahal disisi lain, kita sedang menghadapi tantangan ekonomi yang cukup sulit. Meski kecil, tapi dukungan dari bisnis lah yang membantu ekonomi tetap berputar dan meminimalisir potensi resesi. Seharusnya pertimbangan atas kebijakan ini nantinya dipikirkan lebih menyeluruh dampaknya, sehingga tak justru menimbulkan masalah yang lebih serius.

Sumber referensi : https://coconuts.co/jakarta/news/not-oke-social-media-live-streaming-may-be-banned-in-indonesia-if-court-approves-networks-broadcast-judicial-review/

sumber gambar : https://unsplash.com/photos/cPSroMqTRQg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here